no image



            Usaha laundry kini telah menjadi lahan ‘basah’ para pelaku bisnis nusantara. Hal itu terjadi karena adanya perubahan pola pikir dan gaya hidup masyarakat yang menuntut segala hal menjadi serba instan, termasuk urusan cuci-mencuci. Karena fenomena tersebut, bany`ak pelaku bisnis yang bergairah memanfaatkan peluang bisnis ini.
            Makin hari, gerai laundry yang dibuka secara mandiri maupun franchise ini semakin banyak. Pebisnis kian memutar otak agar tidak berebut lahan dengan rival bisnisnya. Pasalnya, ceruk usaha laundry makin banyak dilirik oleh masyarakat. Sebenarnya, masih banyak tanah basah yang tersedia untuk mendirikan usaha laundry. Akan tetapi, tidak semua pelaku bisnis dapat melihatnya dengan jeli. Jika mau melepas kacamata kuda, banyak sekali lahan yang tengah menjadi tanah basah usaha laundry, namun belum dijamah oleh para pelaku bisnis.
            Superwash, salah satu brand usaha waralaba yang bergerak di bidang laundry melihat adanya potensi lahan bisnis ini. Oleh karena itu, Superwash membuka kerjasama peluang usaha laundry di beberapa lahan yang dianggap sebagai ‘tanah basah’. 

1.      Laundry Hotel
Hotel kini kian menjamur di Indonesia seiring dengan potensi pariwisata yang semakin meningkat. Hotel yang kebanjiran pengunjung pada saat liburan ini menyebabkan pihak hotel kualahan untuk menangani beberapa hal, seperti laundry. Adanya kerjasama Superwash dengan pihak hotel sedikit banyak dapat meringankan beban karyawan serta meningkatkan efisiensi dan mendatangkan keuntungan yang berlipat.
2.      Laundry Apartemen
Sebelas dua belas dengan laundry hotel, laundry apartemen juga dapat mendatangkan keuntungan berlipat ganda bagi semua pihak, baik pihak apartemen maupun penghuni apartemen. Penghuni apartemen biasanya lebih senang memanfaatkan fasilitas laundry apartemen dari pada mencuci sendiri. Hal itu disebabkan oleh padatnya aktivitas yang dialami oleh para penghuni apartemen. Oleh karena itu, calon penghuni biasanya melirik apartemen yang menyediakan jasa laundry apartemen dari pada apartemen yang tidak menyediakan jasa binatu sama sekali. 

3.      Laundry Restaurant
Restaurant merupakan lahan bisnis laundry yang kurang dilirik oleh pelaku-pelaku bisnis nusantara. Padahal, layanan laundry restaurant ini sebenarnya telah banyak dibutuhkan oleh para pemilik usaha kuliner. Berbagai kain berbahan linen yang biasanya digunakan sebagai taplak meja, lap, dan beberapa peralatan restaurant yang mudah kotor dan kusut ini mengharuskan pihak restaurant bolak-balik mencucinya. Oleh karena itu, Superwash hadir menawarkan kerjasama dalam bidang binatu restaurant agar pelayanan dan efektivitas meningkat.
4.      Laundry Rumah Sakit
Jasa binatu bagi rumah sakit sedikit banyak telah banyak mengurangi beban karyawan. Adanya layanan laundry rumah sakit ini dapat meningkatkan profit bagi pihak rumah sakit. Selain lebih efektif, hasil yang didapat dari jasa laundry rumah sakit ini pun akan lebih bersih dan lebih nyaman. Oleh karena itu, secara otomatis pelayanan pihak rumah sakit bagi para pasien akan meningkat.

Kerjasama Superwash laundry dengan hotel, restaurant, rumah sakit, apartemen, dan berbagai pelayanan di bidang jasa lainnya telah ditawarkan untuk meningkatkan pelayanan dan efektivitas. Peluang kerjasama ini ditawarkan di seluruh kota-kota di Indonesia.
Raba-Raba Bisnis Waralaba



       
Memulai bisnis memang perlu pertimbangan yang benar-benar matang dari calon pebisnis. Calon pebisnis biasanya meraba-raba bisnis apa yang paling cocok dan menguntungkan bagi mereka. Banyak orang salah menimbang-nimbang dan mengambil keputusan dalam memilih jenis usaha. Hal itu terjadi karena kurangnya pengetahuan para pemula terhadap permainan politik yang terjadi di bursa bisnis. Oleh karena itu, kali ini Superwash akan memberikan sedikit gambaran kepada para pemula yang ingin berkecimpung di bursa bisnis.
            Bisnis waralaba atau franchise merupakan pintu gerbang bagi masyarakat yang ingin terjun di dunia bisnis. Bisnis waralaba ini dianggap sebagai bisnis yang sangat menguntungkan karena beberapa hal, salah satunya risiko kegagalan lebih kecil. Dari data statistik yang disadur dari web www.kerjausaha.com menunjukkan bahwa orang yang memulai bisnis waralaba memilikipeluang sukses lebih besar daripada orang yang memulai bisnisnya secara mandiri.Menurut hasil riset, bisnis mandiri memiliki risiko 70-80% mengalami peluang kegagalan, sedangkan bisnis waralaba hanya memiliki risiko kegagalan sekitar 20-30% (Coltman via www.kerjausaha.com, 2013). Selain itu, bisnis waralaba juga memiliki kekuatan daya beli yang lebih besar. Hal itu disebabkan karena biasanya induk waralaba membeli barang dengan jumlah lebih besar sehingga harga jual yang ditawarkan pun jauh lebih murah. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan kekuatan daya beli masyarakat terhadap franchise.
            Selain kedua hal itu, hal yang paling menguntungkan bagi bisnis waralaba adalah kepopuleran brand tersebut. Popularits merk menjadi salah satu bagian penting yang dapat menarik minat konsumen. Induk waralaba juga akan membantu pemula yang berkecimpung di bisnis itu untuk memasarkan serta mempromosikan usaha barunya dengan berbagai cara. Hal inilah yang membuat orang lebih banyak diuntungkan dengan adanya bisnis waralaba. Siapa meraba-raba bisnis waralaba? Tanyakan pada ahlinya www.franchiselaundry.com . Selamat berbisnis J
Tamu Istimewa

Sabtu (15/3) PT. Rekayasa Industri mengadakan kunjungan kerja pembekalan bisnis prapensiun ke berbagai perusahaan di Yogyakarta. Kunjungan itu bertujuan untuk memberi bekal dan gambaran bisnis kepada calon-calon purnakaryawan selepas pensiun. Superwash merupakan salah satu perusahaan yang menjadi tujuan perjalanan para calon purnakaryawan dalam kegiatan pembekalan tersebut.
                Pukul 15.30 WIB, rombongan calon purnakaryawan PT. Rekayasa Industri tiba di kantor Superwash (Jalan Raya Tajem No. 20) dan disambut oleh segenap crew Superwash. Beberapa menit setelahnya, acara presentasi dari manajemen Superwash dimulai. Presentasi disampaikan oleh Widya Endah P. Selaku marketing manajer franchise laundry Superwash. Materi yang disampaikan berupa profil perusahaan, sistem kerja sama, paket-paket yang ditawarkan, serta keuntungan yang didapat apabila bergabung bersama Superwash. Selama presentasi berlangsung, peserta tampak excited mendengarkan penjelasan dari presentator. Sesekali, peserta mengintrupsi untuk sekadar bertanya atau menyampaikan rasa penasarannya terhadap paket kerja sama yang ditawarkan.
                Selanjutnya, presentasi mengenai paket unggulan yang dimiliki oleh franchise laundry Superwash disampaikan oleh Andri (salah satu crew Superwash) yang ahli di bidang tersebut. Keadaan kembali menjadi lebih riuh dengan berbagai pertanyaan yang terlontar dari benak peserta.

                Tidak cukup dengan penjelasan teoretis yang disampaikan oleh Widya dan Andri (crew Superwash), peserta digiring untuk terjun langsung mengunjungi workshop Superwash yang terletak di sebrang kantor utama. Di workshop tersebut, peserta dapat melihat proses kerja laundry Superwash dari awal hingga akhir. Peserta tampak memberi respons positif dari kunjungan tersebut. Kunjungan diakhiri dengan senyum puas peserta dan senyum lega crew Superwash.



Superwash on Info Franchise

uhlalaa~~ majalah Info Franchise bulan Maret sudah terbit. Daaan kali ini ada liputan khusus tentang COMPANY FRANCHISE POTENSIAL 2014 bersama Superwash yg termasuk dlm bagiannya tentunya. Yok yg lagi 'mbribik' bisnis franchise, boleh lho dibaca...
Tim Solid, Kerja Lebih Sip

Lingkungan kerja yang nyaman merupakan dambaan para pengais rupiah. Tidak bisa dipungkiri, atmosfer yang nyaman berawal dari tim yang kompak. Segudang penghargaan bukan jaminan pembentuk karakter internal yang solid. Seperti layaknya tim kerja lainnya, Superwash memiliki prinsip yang tidak pernah diabaikan agar terbentuk karakter tim yang kompak. Prinsip kerja “You’ll never walk alone” telah memberikan nyawa bagi tim Superwash.

                Dengan mengesampingkan ego tiap-tiap kepala, crew Superwash telah berhasil membentuk tim kerja yang soliunek-unek dari tiap-tiap orang merupakan kunci utama untuk merealisasikan visi yang telah dibangun. Dengan bergandengan tangan dan tidak saling tikam dari belakang, satu per satu misi yang ingin dicapai Superwash telah terpenuhi.  Sepanjang perjalanan jatuh bangunnya perusahaan yang bergerak di bidang franchise laundry waralaba ini, Superwash telah berhasil menghadapi segala halang rintang dengan bijak. Hal ini terjadi karena tim telah berhasil membentuk karakter internal yang baik dan tidak pernah berotak serta bertangan panas dalam bermusyawarah menyelesaikan persoalan. Bagi Superwash,  tim solid, kerja lebih sip. 
d. Pengutaraan pikiran atau
Meski Banjir, Grand Opening Tetap ‘Ngalir’

                Banjir tak membuat Theresia Paulina ciut nyali untuk melaksanakan grand opening Superwash cabang Semper Barat, Jakarta Utara. Grand opening yang dilaksanakan tepat pada 14 Februari 2014 seolah menjadi angka cantik yang dipilih Paulina untuk memulai usahanya bersama Superwash. Peresmian gerai laundry yang dilaksanakan tepat pada hari Valentine itu merupakan bukti cinta Paulina kepada warga Semper Barat. Bukti cinta diwujudkan dengan pemberian diskon sebesar 50% kepada customor selama periode promo. Tentu saja hal itu sangat meringankan beban korban banjir yang notabene bermasalah dengan segudang cucian kotor. Grand opening yang dilaksanakan di tengah-tengah bencana banjir tersebut tidak menghalangi langkah Paulina untuk mewujudkan bukti cintanya kepada masyarakat bersama Superwash.
                Dengan moto “We have everything you need”, Superwash Semper Barat yang diampu oleh Paulina menyediakan beragam jenis layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari cuci komplit reguler hingga one day service atau ekspress 4 jam. Ada pula cuci satuan untuk boneka, bed cover, helm, dan lain sebagainya. Khusus untuk pelanggan, disediakan kartu membership yang berfungsi sebagai kartu diskon. Artinya, pelanggan yang terdaftar dalam membership akan menikmati berbagai macam diskon walaupun periode promo telah berakhir.
Bencana tak menghalangi usaha, bukan?



Yogya Hujan Abu, Superwash Hujan Baju


            Masih lekat dalam ingatan hujan abu, pasir, dan gelagar petir yang menghiasi langit Jawa 13 Februari lalu. Jarum 22:55 WIB seakan-akan menjadi momen monumental bagi masyarakat. Seolah tak ingin menangis sendirian, erupsi Gunung Kelud yang secara geografis terletak di Provinsi Jawa Timur tak hanya dirasakan oleh warga tanah penopangnya saja. Solo, Yogyakarta, Pemalang, dan sederet kota-kota lainnya di Jawa Tengah, bahkan Jawa Barat ikut serta merasakan dan merisaukannya.
            Dini hari (14/2), kota Yogyakarta mendadak diguyur abu vulkanik. Kota seribu pelajar yang biasanya riuh dengan gurauan pemuda di mulut-mulut trotoar ini tiba-tiba menjadi sepi layaknya kota mati. Abu setebal kurang lebih 2-3cm menjadi sebab utama pengubah suasana. Dampak erupsi Kelud tampak lebih ganas daripada erupsi Merapi yang juga pernah dirasakan oleh warga Yogyakarta.
Serpihan dampak ini tidak hanya dirasakan selama 1 – 2 hari saja. Dampak ini bahkan dirasakan hingga beberapa hari ke depan setelah erupsi. Semua elemen masyarakat berbondong-bondong membersihkan fasilitas umum dan fasilitas pribadi yang terkena guyuran hujan abu.
            Baju merupakan salah satu dari banyak perangkat pribadi milik warga Yogyakarta yang terserang volcano attack. Di tengah-tengah kesibukan warga membersihkan jalan, rumah, kendaraan, dan barang-barang pribadi yang berdebu, banyak usaha laundry yang menutup tokonya selama beberapa hari padahal saat itu laundry sedang sangat dibutuhkan warga untuk membantu mengurangi bebannya. Alasannya sama, “membersihkan rumah atau ruko”.
            Superwash (salah satu usaha laundry terbesar di Indonesia) merupakan satu dari segelintir usaha laundry yang tetap buka pada saat erupsi Kelud. Superwash yang terletak di kota Yogyakarta, masih tetap bersedia membantu warga membersihkan baju-baju dari abu-abu pekat yang menempel. Hingga kini (26/2), baju-baju berabu yang dipercayakan kepada Superwash semakin hari semakin menumpuk dan membanjir. Satu hal yang wajib diingat adalah “taruhlah tanganmu menghadap ke bawah”, yang berarti kami akan selalu membantu di balik duka mendalam sekalipun.

Di balik duka pasti ada suka. Dampak erupsi Kelud berupa abu yang menempel di segala sisi, ruang, dan jalan ini tidak pernah dianggap sebagai malapetaka bagi segenap crew Superwash. Sendu akibat erupsi Kelud yang dirasakan oleh warga Yogyakarta justru membawa keuntungan bagi Superwash. Superwash, sebuah usaha yang bergerak dibidang laundry menuai berkah dan keuntungan yang berlipat ganda dari bencana hujan abu ini. Bantuan yang dapat disumbangkan oleh usaha atau bisnis yang bergerak di bidang laundry untuk meringankan beban korban erupsi Kelud memang hanya seujung kuku hitam, tetapi timbal balik serta berkah yang diterima sampai ke anak, cucu, dan cicit J.  (-red)







Ingin bisnin laundry? www.franchiselaundry.com